Kamis, 05 Februari 2009

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme

Pertumbuhan mikroorganisme dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adanya nutrisi , kondisi pH, kandungan air, kelembaban udara, and stuctur biologi.

Nutrisi pada mikroorganisme bisa di peroleh dari air, sumber energi(sugar,alcohol,amino acid, starch), sumber nitogen,peptin,protein), vitamin, mineral.


Mikrooranisme dibagi menjadi 3 golongan yaitu bakteri,mold(jamur),dan yeast(ragi). Berdasarkan kandungan airnya bakteri tumbuh Aw 0.91, mold 0.88 dan yeast0.80,sedangkan untuk pure water 1.0. Pengaruh dari rendahnya Aw adalah menambah rentang dari fase pertumbuhan dan juga mengurangi jumlah pertumbuhan dan ukuran pada akhir populasi.

Kelembaban udara (ERH: Equilibrium Relative Humadity) adalah keseimbangan kelembaban antara lingkungan dengan mikroba itu sendiri. Jika kandungan udara pada lingkungan lebih tinggi dari kandungan udara pada mikroorganisme, maka akan terjadi proses absorbsi. Jika sebaliknya, kandungan udara pada lingkungan lebih rendah dari pada kandungan udara pada mikroorganisme,maka akan terjadi proses evaporasi,sehingga akan tercapai keseimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar