Sabtu, 04 April 2009

Some way to be A Successman

Cara2 yang saya tulis ini berasal dari seseorang yang sangat memotivasi saya waktu dibangku sma(MAN Jember 1). Mbak Tuhfatus Saniah yang sekarang kuliah di Universitas Airlangga jurusan MIPA.Terima kasih banyak ya mbak.Salam kangen selalu bwt mbak........

1. Usahakan (mungkin harus) pada saat guru menerangkan suatu materi, saat itu juga kita faham seluk beluk materi tsb dan juga dasar-dasarnya. Jadi jangan asal tahu.
2. Jika memang kita tidak faham tanya pada guru. Jangan sia-siakan waktu kita selagi ada guru atau bisa juga minta ajari teman yang lebih bisa.
3. Jika materi itu butuh hafalan, kalau bisa kita hafal hari itu juga. Jadi pada saat ujian kita tinggal baca ulang dan mengingat-ingat keterangan guru yang telah lalu.
4. Jangan pernah menolak pertanyaan dari teman, sesulit apapun pertanyaannya, berusahalah keras untuk bisa memecahkannya. Karena itu merupakan suatu tantangan bagi kita dan untuk menguji sampai sejauh mana kemampuan kita. Kalau memang benar2 tidak bisa bilang tidak bisa. Tapi kita harus berusaha terus kalau perlu tanya guru atau yang lebih bisa dan jangan lupa ucapkan terima kasih karena secara tidak langsung dia telah memberi ilmu pada kita.
5. Jangan pernah berpikir ilmu kita sudah cukup, walaupun mungkin setiap ada teman bertanya kita selalu bisa untuk mengatasi,dalam hal ini kita harus punya banyak soal2 sulit. Untuk memngingatkan kita bahwa ilmu kita masih sangat minim sekali dan selalu ingat bahwa Diatas langit masih ada langit.
6. Untuk pola belajar kita mungkin sudah banyak mendengar, diantaranya
- Waktu belajar yang paling baik adalah pulang kuliah/sekolah tujuannya untuk mengingat pelajaran yang baru saja diajarkan
- Belajar 4X sehari (15-30 menit) lebih efektif dari pada 4jam sehari cuma sekali
- Waktu kosong gunakan sebaik mungkin untuk belajar ilmu baru
- Diwaktu menjelang tidur dan bangun tidur
7. Jangan berpikir untuk menjadi yang terbaik karena menjadi yang terbaik belum tentu baik buat kita, tapi lakukanlah yang terbaik.
8. Jangan sampai kita benci pada guru
9. Jika ada teman belum faham dan dia minta penjelasan pada kita maka dengan senang hatilah kita menjelaskannya(jika kita faham) karena telah disebutkan dlam hadits "Ballighi 'anni walau ayah" yang artinya sampaikan olehmu walau satu ayat.
10. Selain berusaha kita juga harus berdoa kepada Allah, karena Allahlah yang menentukan segalanya
11. Early to bed erly to rise. Make a man healthy, wealthy and wise. Dan agar pada waktu pelajaran pikiran kita fresh dan mudah menerima pelajaran
12. Ora et Labora


Mudah2n bermanfaat bagi pembaca sekalian....
Amin................

1 komentar:

  1. Saran yang bagus........
    tapi ada satu saran yang terlupakan atau dilupakan.

    1. tawassul kepada Guru hendak mau belajar dan sesudah sholat fardhu (biar nyambung secara bathin). semoga dengan keridhoan Guru Dhohir Wa Bathin...... Kita mendapat Ilmu Yang Bermanfaat dan pastinya Berkah........

    BalasHapus